Melihat Lebih Dekat Budidaya Benih Panili di Kabupaten Sumedang Jawa Barat

Jumat, 5 November 2021
foto: Anggota Kelompok Petani Panili Mekarsari Hejo Ngemploh Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. (31/10/2021, foto Rumian)

SUMEDANG, Exposeupdate.com – Senin, (01/11/2021). Panili pernah berjaya meskipun saat ini baru dikembangkan kembali tahun 2015 dan tahun 2018, perhatian pemerintah melalui Perbenihan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian untuk mendorong kepada kelompok petani panili Mekarsari Hejo Ngemploh Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang. (31/10/2021).

foto: Benih panili umur 5 bulan. Opi, Ketua Kelompok Tani Panili Mekarsari Hejo Ngemploh Kabupaten Sumedang. (31/10/2021, foto Rumian)

Kami wartawan cetak dan online melihat langsung dari sisi dekat, untuk pembenihan tanaman panili dengan perawatan yang tepat dan baik. Benih panili lokal Kabupaten Sumedang mempunyai kualitas pertumbuhan yang sangat bagus dan bisa menjadi prioritas ekspor. Oleh karena itu, dapat mendorong petani panili untuk menanam benih bagus yang dapat menarik masyarakat lokal kembali membudidayakan benih panili lokal di dataran tinggi Kabupaten Sumedang.

foto: Benih Panili umur satu tahun. (31/10/2021, foto Rumian)

Ungkap Opi selaku Ketua Kelompok Tani Mekarsari Hejo Ngemploh, bahwa saat ini masih masa penanaman benih, “saat ini sebagai tempat pembenihan satu-satunya di Kecamatan Surian Kabupaten Sumedang, berharap panili kembali bangkit pada tahun 2021 dan kedepannya dapat bisa jaya, yang semula sempat berhenti, saat ini mempekerjakan dan memberdayakan masyarakat lokal 25 orang anggota, petani wanita 12 orang, petani laki laki 13 orang.”

Ketua Kelompok Tani Panili Pak OPI sangat menaruh harapan tambahan bantuan dalam rangka memperluas lahan perbenihan seperti baja ringan, paranet, dan yupi. Jelas Kabid Perkebunan Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang, Dudi, menaruh perhatian agar Kabupaten Sumedang dapat meraih kembali tahun-tahun keemasan dan berjaya sebagai penghasil panili seperti tahun 1990-an, “saat ini telah bergairah, bangkit kembali sejak 2015.”

“Dari data Kabupaten Sumedang, saat ini ada 100 Hektar lahan perkebunan yang tersebar 6 Kecamatan, Ranca Kalong, Bejah Dua, Surian, Cimalaka, Tanjung Kerta dan Conggean.” Ujar kembali.

“Di Kabupaten Sumedang ada 4 kelompok tani yang khusus tanaman benih panili, dari 4 kelompok tersebut, 1 khusus untuk perbenihan, sementara ini menyusul 2 kelompok tani khusus panili, 1 kelompok di Ranca Kalong dan di Surian Kabupaten Sumedang,” tutupnya. (1 Nopember 2021, Exposeupdate.com, Rumian)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate