Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Terus Berinovasi Stikes dr. Soebandi Jember Bertransformasi Menjadi Universitas

Senin, 23 Agustus 2021

foto : Redaksi Expose Update

JEMBER, Exposeupdate.com – Senin, (23/8/2021). Cikal bakal berdiri Universitas ini berawal dari Lembaga Kebidanan (Akbid), yang dirintis sejak tahun 2008, seiring dengan perkembangan dan tuntutan peningkatan pelayanan dan kualitas pada tahun 2011 pihak pengurus lembaga ini dengan melakukan alih kelola Stikes Bhakti Negara sembari berganti nama Stikes Soebandi.

Kemudian untuk memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar, pihak Yayasan menambah perbendaharaan dengan membangun gedung yang diberi nama White House atau Kampus Putih yang sampai saat berdiri megah dibilangan jalan dr. Soebandi nomor 99. Ribuan alumni keperawatan dan kebidanan berasal dari berbagai kota sukses menempa ilmu di Kampus dengan gedung yang memiliki arsitektur yang unik dan klasik itu.

Tak pernah surut, setiap memasuki tahun ajaran baru, Stikes dr. Soebandi menjadi pilihan favorit calon siswa /siswi dari berbagai Kota, untuk itu dalam upaya memberikan pelayanan yang lebih luas, pada sekitar pertengahan bulan Agustus 2020 pihak Yayasan bersama Rektorat melalui Dirjend Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditingkatkan menjadi Universitas.

Setelah melalui proses seleksi dan akreditasi yang dinilai visible maka pada pada tanggal 28 Juni tahun 2021 permohonan transformasi dari Stikes ke Universitas dikabulkan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesian di Jakarta.

“Alhamdulillah, atas semangat dan upaya keras serta dukungan dari berbagai pihak SK atau izin operasional Universitas ahirnya berhasil kami dapatkan” tutur H Mashun, Ketua Yayasan Stikes dr Soebandi dengan bangga.

foto : Redaksi Expose Update

Dan mulai saat ini lanjut Haji Mashun, telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru yang merupakan program kuliah perdana. Dalam izin operasional yang dikantonginya tersebut terdapat 2 Fakultas, yakni Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Ekonomi Bisnis (Entrepreneur).

Fakultus Ilmu Kesehatan terdiri dari 6 program studi (Prodi), terdiri dari,

  1. S-1 Keperawatan
  2. Prodi profesi Keperawatan (Ners)
  3. Prodi S-1 Kebidanan
  4. Prodi Profesi Kebidanan
  5. S-1 Farmasi
  6. D4 Teknik Laboratorium Medis

Sedangkan untuk Fakultas Ekonomi Bisnis (Entrepreneur) terdiri dari Prodi S-1 Entrepreneur Kewirausahaan dan S-1 Bisnis Digital.

Dalam Prodi Kewirausahaan ini sengaja dirancang untuk mencetak lulusan yang mampu memahami dan meningkatkan Ilmu Kewirausahaan Lokal dan Internasional.

Sedangkan lulusan dari Fakultas atau Prodi Bisnis Digital diharapkan mampu berkompetensi secara multi disiplin yang selanjutnya dapat bersinergi dengan sarjana Bisnis Akutansi dan Management , Sarjana Komputer serta Teknik dengan kompetitif.

Lebih jauh Mashun berharap, lulusan dari Universitas yang diasahnya ini diharapkan mampu mendigitalisasi dan dapat meningkatkan keunggulan kompetitif Industri dalam Negeri

Walau demikian logo atau tulisan Stikes dr. Soebandi yang tampak dibagian depan gedung masih belum berubah.

“Sebentar lagi tulisan Stikes itu akan kami ganti menjadi Universitas dr. Soebandi atau UDS,” lanjut Haji Mashun yang mengawali kariernya didunia kesehatan puluhan tahun silam itu. (Sul)

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate