Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Pengiriman TKI ke Malaysia Sementara Dihentikan,Buntut Pelanggaran Kesepakatan MOU

Kamis, 14 Juli 2022
foto: Dubes Malaysia (Hermono) dan Ketua Umum DPP Perpemindo (Teguh S)

JAKARTA, Exposeupdate.com Kamis, (14/07/2022). Pengiriman tenaga kerja atau pekerja migran ke Malaysia, termasuk ribuan orang yang direkrut untuk sektor perkebunan, sementara dihentikan  oleh Dubes Indonesia. Langkah ini dilakukan buntut pelanggaran kesepakatan MOU kedua Negara.

Malaysia merupakan produsen minyak sawit terbesar kedua di dunia dan mata rantai utama dalam rantai pasokan global. Penghentian sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) itu menjadi pukulan berat bagi Malaysia. Sebab, dengan penghentian itu, Malaysia terancam kekurangan sekitar 1,2 juta pekerja yang dapat menggagalkan pemulihan ekonominya.

foto: Foto bersama Dubes Malaysia, dan Ketua DPP Perpemindo

Ketua Umum DPP Perpemindo sangat mendukung dan setuju atas sikap yang diambil Duta Besar Indonesia, karena Malaysia tidak menghargai penandatanganan MOU, dan tidak bisa komitmen dengan isi MOU yang telah disepakati. 

Ketua DPP Perpemindo memberikan saran terhadap Pemerintah, agar dalam penutupan sementara ini jangan sampai penempatan yang unprosedural/ilegal menjadi terbuka. Sehingga, dibutuhkan kerjasama antar instansi baik dari Kepolisian, TNI, BP2MI, Kementrian Ketenagakerjaan harus benar-benar mengawasi penempatan pekerja migran yang unprosedural. Dengan tujuan, apabila penempatan prosedural dan unprosedural tidak jalan secara otomatis pihak Malaysia secepatnya dapat menjalankan komitmen yang dimuat dalam MOU Bilateral tersebut.

Pemberhentian pengiriman TKI itu dikonfirmasi oleh Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia S Saravanan bahwa telah menerima surat dari Pemerintah Indonesia. Dia mengatakan akan membahas masalah ini dengan Kementerian Dalam Negeri yang mengawasi departemen imigrasi. (E01)

 

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AFRIANSYAH NOOR SELAMAT JH OPTIK & JH CAFE
Logo ATM - GIF 02-Small
Opening 2022 GIF

Perkembangan Virus Corona

Baca Juga

Berita Terpopuler

error: Content is protected !!
ExposUpdate