Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Hal-Hal Sepele yang Membuat Skripsi Tak Kunjung Selesai

Sabtu, 12 Juni 2021

foto : radarsolo.jawapos.com

JAKARTA, Exposeupdate.com – Sabtu, (12/6/2021). Skripsi menjadi tugas akhir yang wajib diselesaikan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar S1. Hal inilah yang membuat skripsi menjadi penting untuk diselesaikan bagi mahasiswa. Ada yang menganggap skripsi itu mudah dan ada pula yang menganggap skripsi itu sulit. Ada yang cepat dalam mengerjakan skripsi dan ada pula yang cukup lama mengerjakan skripsi. Ada beberapa faktor yang membuat skripsi menjadi lama dan tak kunjung selesai. Berikut Tim exposeupdate.com menyusunnya.

1. Overthinking dengan masa depan

Ada beberapa mahasiswa yang resah akan menjadi apa setelah lulus. Hal ini sangat mempengaruhi motivasi dalam mengerjakan skripsi. Bahkan ada juga yang menduga-duga bahwa dirinya akan menjadi pengangguran selepas skripsi dan tidak siap menghadapi dunia nyata di luar sana. ‘Memikirkan sesuatu yang bahkan belum terjadi’. Kadangkala ini menjadi faktor bagi mahasiswa untuk menunda-nunda kelulusannya. Hal yang menjadi luput dari perhatian mahasiswa adalah bahwa ternyata orang tua hanya berharap anaknya lulus, tetapi pikiran yang sudah terlanjur overthinking membuat mahasiswa tetap ‘stuck’ dengan skripsinya.

2. Tidak Menjadwal Aktivitas Harian Selama Proses Skripsi

Pada masa-masa skripsi sebagian besar mahasiswa sudah terlepas dari jadwal kelas mata kuliah. Mata kuliah yang ter-input di sistem akademik hanya tersisa skripsi. Keadaan yang terkesan bebas ini membuat mahasiswa tertentu terkadang terlena sehingga beraktivitas seenaknya. Terlebih ketika tidak ada tekanan apapun terkait pengerjaan skripsi dan proses revisi skirpsi. Jadwal aktivitas harian yang tidak tertata dan berkegiatan seenaknya kadangkala membuat mahasiswa terlupa dengan skripsinya. Pada hal ini menjadi penting bagi mahasiswa untuk menyisihkan 1-2 jam setiap hari untuk mengerjakan skripsi serta menjadwal aktivitas harian.

3. Tidak Berkomitmen Kuat Menyelesaikan Skripsi

Ada beberapa mahasiswa tertentu yang memang tidak berkomitmen kuat untuk menyelesaikan skripsinya. Hal ini karena ada mahasiswa tertentu yang memegang prinsip ‘YOLO’ (You Only Life Once). Prinsip seperti ini membuat sebagian mahasiswa justru lebih memilih bersenang-senang di masa-masa skripsi. Tidak ada komitmen sama sekali untuk menyelesaikannya, hingga skripsinya tak kunjung selesai.

Itu dulu 3 hal sepele yang membuat skripsi tak kunjung selesai. Penulis berharap bagi pemirsa exposeupdate.com yang masih mengerjakan skripsi, tesis dan tugas akhir lainnya, tetap semangat dan jangan menyerah. Orang-orang tercinta sedang menunggu keberhasilanmu. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate