Mengapa Cerita di Dunia ”Pewayangan” Selalu Menarik dari Masa ke Masa? - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

Mengapa Cerita di Dunia ”Pewayangan” Selalu Menarik dari Masa ke Masa?

Rabu, 9 Juni 2021

foto : Instagram.com/wayangku.official

JAKARTA, Exposeupdate.com – Rabu, (9/6/2021). Wayang menjadi salah satu budaya unggulan bangsa Indonesia. Seni yang bahkan diakui keindahan dan keseruannya di seantero dunia. Wayang dari masa ke masa selalu memiliki tempat di hati penggemarnya.

Cerita-cerita dalam pewayangan juga melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Tidak salah jika karakter wayang cukup sering juga digunakan sebagai nama anak. Lantas apa saja yang menarik dari wayang ? Berikut Tim exposeupdate.com menyusunnya.

1. Menggambarkan bermacam Karakter dalam kehidupan manusia

Setiap tokoh dalam pewayangan memiliki karakter yang kuat. Karakter yang baik dan buruk sama-sama memiliki ciri khas yang melekat pada masing-masing tokoh. Para Pandawa saja yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa juga memiliki karakter kuat pada masing-masing tokoh. Penggambaran karakter yang kuat ini akan membuat penonton bisa memilih karakter yang sesuai dengan dirinya sendiri sebagai teladan kehidupan.

2. Orang yang Memahami Cerita Wayang Terkesan Berwawasan Luas

Kompleksnya cerita dalam pewayangan memberikan pemahaman dan perspektif yang luas bagi kehidupan. Orang yang punya wawasan luas terkait cerita dalam pewayangan akan terkesan memiliki wawasan yang luas. Seseorang yang memiliki wawasan yang luas terkait dunia perwayangan akan menjadi salah satu senjata kuat baginya agar tidak kehabisan topik pembicaraan bersama orang terdekat.

3. Kaya akan Hikmah

Cerita dalam dunia pewayangan kaya akan nilai-nilai hikmah kehidupan. Inilah sebabnya pula Sunan Kalijaga menjadikan wayang sebagai salah satu media dakwah. Banyak nilai-nilai luhur yang bisa dipetik dari cerita pewayangan. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate