Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Menjadi Jurnalis dan Manfaatnya bagi Anak Muda

Senin, 31 Mei 2021

foto : Muhammad Wildan Habibillah

JAKARTA, Exoposeupdate.com – Masa muda dipenuhi dengan pertanyaan terkait arah karir. Ada semacam krisis pencarian jati diri dan menginginkan petualangan karir yang seru. Dari sekian banyak pofesi, Jurnalis adalah adalah salah satu profesi yang punya nuansa petualangan dan tantangan. Lantas apa saja manfaat menjadi Jurnalis bagi anak Muda ? Berikut Tim Expose Update menyusunnya.

1. Melatih Peka terhadap Lingkungan dan Keadaan

Seorang Jurnalis atau wartawan dituntut untuk tanggap dan peka terhadap isu dan trend yang terjadi di lingkungannya. Kebiasaan peka terhadap lingkungan akan membuat seorang jurnalis muda menjadi pribadi yang mudah beradaptasi dengan tantangan hidup. Lebih dari itu, jika seorang jurnalis benar-benar menghayati pekerjaannya maka dia akan menjadi pribadi yang inovatif karena peka terhadap kondisi lingkungan.

2. Memperluas Wawasan

Seorang Jurnalis dibentuk untuk menjadi pribadi yang memiliki cakrawala pengetahuan yang luas. Hal ini karena Jurnalis diharuskan menulis berita yang menarik, segar dan disukai pembaca. Seorang jurnalis yang sungguh-sungguh dengan profesinya akan bersedia mengabadikan hidupnya untuk menyelami lautan ilmu. Pada akhirnya dia akan menjadi seorang intelektual yang luas wawasannya.

3. Melatih Komunikasi

Komunikasi yang baik adalah salah satu skill terpenting dalam menggapai kesuksesan. Seorang pemimpin, pengusaha dan pekerjaan lainnya akan menjadi brilian pencapaiannya jika yang bekerja mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang jurnalis dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik, enak dinikmati tulisannya dan juga ketika wawancara. Melatih skill komunikasi sejak muda akan mempermudah seseorang untuk mencapai puncak impiannya.

4. Menambah Relasi

Seorang jurnalis seringkali harus bersedia turun ke lapangan kejadian guna mencari berita dan bahkan terkesan seperti blusukan. Perjalan dalam mencari berita akan membuat sang Jurnalis bertemu orang-orang baru. Hal ini bagus karena sang Jurnalis akan memiliki banyak relasi dari berbagai kalangan masyarakat. Memiliki relasi yang luas akan menjadi faktor pendukung bagi seseorang untuk lebih kuat mengasah skillnya, guna mencapai cita-citanya. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate