1,4 Juta Vaksin Sinopharm telah tiba di Indonesia - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

1,4 Juta Vaksin Sinopharm telah tiba di Indonesia

Rabu, 14 Juli 2021

foto : dosis vaksin yang tiba di Bandara, @jokowi

JAKARTA, Exposeupdate.com – Rabu, (14/7/2021). 1.408.000 dosis vaksin siap pakai merek Sinopharm telah tiba di Indonesia (13/7/2021). 

Dosis vaksin itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan pesawat Garuda Indonesia.

Dilansir dari WHO (World Health Organization) pada (7/5/2021), vaksin Covid-19 buatan Sinopharm adalah vaksin berjenis inactivated vaccine yang disebut SARS-CoV-2 Vaccine (Vero Cell). Vaksin berjenis inactivated adalah vaksin yang menggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos sistem kekebalan terhadap virus, tanpa mengambil risiko respons penyakit yang serius. Vaksin Sinopharm juga merupakan vaksin pertama yang dilengkapi dengan pemantau suhu pada botol vaksin. Stiker kecil pada botol vaksin akan berubah warna saat vaksin terkena panas, dan memberi tahu petugas kesehatan apakah vaksin tersebut dapat digunakan dengan aman.

Dari tinjauan kelompok penasihat teknis WHO (SAGE), kemanjuran atau efikasi vaksin untuk penyakit simptomatik dan rawat inap diperkirakan 79 persen, pada semua kelompok usia.  Sementara itu, efikasi pada kelompok lansia (lebih dari 60 tahun) tidak dapat diperkirakan karena hanya sedikit lansia yang ikut serta dalam uji klinis. Namun, WHO tetap merekomendasikan vaksin Sinopharm diberikan kepada lansia karena data awal dan data imunogenisitas menunjukkan bahwa vaksin kemungkinan besar memiliki efek perlindungan pada lansia.

Dalam akun Instagram Joko Widodo, dua hari mendatang, empat juta vaksin Sinopharm akan datang lagi.

Vaksin-vaksin merek Sinopharm ini akan digunakan dalam program Vaksinasi Gotong Royong melengkapi vaksin program pemerintah untuk mempercepat kekebalan komunal di tanah air menghadapi pandemi Covid-19 pungkas Jokowi dalam akun Instagram pribadinya. (Red)

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate