Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Antisipasi menghadapi kemarau panjang petani Kabupaten Garut

Rabu, 4 Agustus 2021

foto : Lahan kering di musim kemarau

GARUT, Exposeupdate.com – Rabu, (4/8/2021). Kabupaten Garut Jawa Barat 3 Agustus 2021. Menjelang menghadapi musim kemarau yang panjang untuk tahun ini, petani bagian selatan utara Kab. Garut mengharapkan adanya perhatian dari dinas pertanian Kab Garut. Bantuan embung dan pompa air bisa disatukan untuk dapat digunakan petani menampung dan memompa air dari sungai sungai mengairi lahan pertanian petani di Kab Garut yang sangat berpengaruh bila musim kemarau tiba.

foto : Embung, penampungan saat kemarau

Kondisi saat ini masih sama dengan tahun kemarin. Salah satu petani selatan ENCOS mengatakan pada wartawan media cetak dan online, menghadapi musim kemarau hal yang sering dihadapi tapi tahun ini kemarau panjang april-nopember. Sangatlah sulit mendapatkan sumber mata air sedangkan lahan pertanian sangat membutuhkan air.

foto : embung dan mesin pompa air, salah satu cara mengantisipasi musim kemarau

foto : Sumur resapan untuk antisipasi musim kemarau

Diperlukan adanya penambahan embung dan pompa air untuk dapat membantu memudahkan mengambil air, tidak harus berjalan berkilometer. Embung dan pompa air sangatlah bermanpaat mengairi lahan persawahan pertanian petanian, harapannya bila musim kemarau tiba bisa dapat diatasi (3/8/2021).

Kasie pengelolaan lahan dan air Asep Hidayat menurutnya, 42 Kecamatan yang berdampak kemarau selatan dan utara Kab. Garut, ada 14 Kecamatan yang diprioritaskan ditanggulangi yang berdampak luas besar. ”Langkah antisipasi embung dan pompa air sangat membantu dengan tetap selalu koordinasikan kelapangan yang kena dampaknya musim kemarau” tutupnya. (Rumian)

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate