Direktur Wandas Foundation Jember Siap Menuju Senayan

Sabtu, 11 Februari 2023
foto: Ketua Wandas Foundation Jember. Drs. H . Achmad Sudiyono, S.H., M.Si., P.Si

JEMBER, Exposeupdate.com Sabtu, (11/02/2023). Menjelang pemilu serentak tahun 2024 mendatang, sejumlah Partai peserta pemilu mulai melakukan penjaringan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Termasuk Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mulai memilah kader terbaiknya untuk maju sebagai Bacaleg DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten.

Menariknya, Partai besutan Surya Paloh itu memunculkan Bacaleg pendatang baru Drs. H. Achmad Sudiyono, S.H., M.Si., P.Si untuk mempertaruhkan perebutan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 4 wilayah Kabupaten Jember, Lumajang, menuju gedung Senayan Jakarta.

Walau termasuk pendatang baru, dia adalah sosok yang memiliki popularitas hingga tidak heran jika Partai Nasdem mengapresiasi atas ketokohan pria yang akrab disapa Haji Achmad itu. Atas dasar potensi dan kamampuan Sumber Daya Manusia (SDM) juga bisa masuk dalam pertimbangan Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai yang lahir 11 tahun lalu itu.

Kesohoran nama Bacaleg menjadi bagian dalam meningkatkan elektabilitas Partai, terutama bagi Bacaleg itu sendiri. Seperti diketahui, Achmad Sudiyono, mantan Birokrat yang sempat menduduki posisi jabatan tertinggi di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember tahun 2006-2011. Dan mengakhiri pengabdiannya sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan 2012-2014.

Selain berkarir di Pemerintahan, Haji Achmad juga memiliki jiwa enterpreneur dan aktif di berbagai organisasi keagamaan dan organisasi sosial lainnya yang bergerak di berbagai pemberdayaan. Jiwa sosialnya yang ringan tangan serta keluwesan dalam pergaulan di berbagai level membuat namanya semakin dikenal di kalangan masyarakat luas.

Di kalangan Nahdiyin nama Achmad Sudiyono juga tidak asing, mengingat ia juga pernah menjadi Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LD-NU) Cabang Jember. Dari kiprahnya itu, ia menjadi dekat dengan para Masyayihk atau para kiai agung.

Dari berbagai organisasi yang ia tekuni, nama Wandas Foundation menjadi paling fenomenal. Walau tidak termasuk organisasi yang bergerak di bidang Politik praktis, namun Wandas (Relawan Cerdas) yang ia dirikan diketahui sukses mengantarkan pasangan Calon Bupati (Cabup) Ir. H. MZA Djalal – Kusen Andalas menjadi bupati Jember hingga sukses menjabat 2 periode, dari 2005- 2010 dan 2010- 2015.

Klaim anggota Wandas yang mencapai 12 ribu lebih itu sampai saat ini menurut Haji Achmad tetap solid dan eksis dalam menjalankan visi dan misi organisasi sebagai agen of change atau simbul perubahan peradaban di berbagai sektor, baik peradaban ekonomi, budaya, sosial dan politik.

“InsyaAllah saya siap menjadi calon legislatif DPR RI dari Partai Nasdem karena saya tertarik dengan visi misi Partai Nasdem tentang restorasi dan perubahan. Dari tingkat DPP, DPD Provinsi dan Kabupaten. Dan komitmennya dalam meneruskan kebaikan,” tutur Achmad Sudiyono kepada awak media ini.

Visi dan misi Partai Nasdem dinilainya selaras dengan tujuan Wandas Foundation yang didirikan sekitar 18 tahun silam itu.

“Perubahan menjadi konsep awal Wandas Foundation dalam membantu Pemerintah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masayarakat,” imbuhnya.

Kemudian dalam perhelatan nanti, Achmad Sudiyono mensengajakan diri untuk tandem dengan Moch Eksan, mantan legislator DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Nasdem periode 2015-2020 lalu.

Moch Eksan yang juga Direktur Eksan Institute itu kembali mencalonkan sebagai Bacaleg DPRD Provinsi Jatim sebagai mana pernah dijabatnya pada Pemilu sebelumnya. Sebagai Direktur Eksan Institute, ia dikenal sebagai penulis yang sudah menerbitkan beberapa judul buku maupun artikel Politik yang dirilis oleh sejumlah media. Sebagaimana artikel yang pernah dibuat oleh Moch Eksan dengan judul “Menguak Tali Persambungan NU, HMI dan Nasdem”.

Kedua nama yakni Haji Achmad Sudiyono yang lebih kental dengan ke-NU-an ya, dan Moch Eksan sebagai Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) diprediksi oleh sejumlah kalangan, sama-sama memiliki kans besar untuk sukses menjadi legislator hasil pemilu legislatif 2024 mendatang. Masing-masing, Moch Eksan sebagai DPRD Provinsi Jawa Timur, dan H Achmad Sudiyono ke DPR RI di Istora Senayan Jakarta.

“Khoirunnas Anfa uhum Linnas. Sebaik-baiknya manusia adalah yang banyak memberikan manfaat bagi manusia lain,” pungkas H. Achmad Sudiyono mengutip Hadist HR. Tabroni dan Daruquthni. (Sul)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate