Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Jum’at (11/6/2021), Megawati Soekarnoputri  Bakal Dianugerahi Gelar Profesor Kehormatan

Rabu, 9 Juni 2021

foto: https://www.google.com/search=fotomegawati

JEMBER, Exposeupdate.com – Rabu, (9/6/2021). Pemberian gelar Profesor kehormatan diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 40 Tahun 2012 tentang “Pengangkatan Guru Besar Tidak Tetap Pada Perguruan Tinggi” . Adapun syarat untuk menjadi Profesor Kehormatan menurut Permendikbud nomor 40 tahun 2012 diantaranya:

Ayat (1) Seseorang yang memiliki keahlian dengan prestasi luar biasa dapat diangkat sebagai dosen tidak tetap dalam jabatan akademik tertentu pada perguruan tinggi.

Ayat (2) Pengangkatan seseorang sebagai dosen tidak tetap sebagaimana dimaksud pada ayat(1) ditetapkan oleh perguruan tinggi masing – masing setelah mendapat persetujuan senat.

Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum PDIP, rencananya akan dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan melalui acara sidang senat terbuka yang akan dilakukan pada Jum’at (11/6/2021), berikut pernyataan Rektor Universitas Pertahanan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian pada Selasa (8/6/2021). nantinya Ibu Megawati Soekarnoputri akan dikukuhkan menjadi Profesor Kehormatan Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan.

Pemberian gelar tersebut, menyusul keluarnya hasil penilaian Dewan Guru Besar Unhan atas karya ilmiah Megawati Soekarnoputri yang ditulis sendiri oleh beliau, dalam Jurnal Pertahanan dan Bela Negara volume 11 milik Universitas Pertahanan.

foto: tangkap layar karya ilmiah Megawati Soekarno putri di Jurnal Pertahanan dan Bela Negara Vol 11, nomor 1, author tertulis “Diah Permata Megawati Setiawati Soekarnoputri”

Dilansir dari berbagai sumber, banjir dukungan dan apresiasi para petinggi terkait dianugrahkannya gelar Profesor Kehormatan dengan status Guru Besar Tidak Tetap bagi Megawati salah satunya disampaikan oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

“Kami meyakini rencana Unhan memberi gelar profesor kehormatan kepada Ibu Megawati tidaklah mendadak, tapi telah melakukan kajian sejak lama termasuk berbagai karya ilmiah dan pidato Ibu Megawati baik di dalam maupun di luar negeri”, ujarnya.

Sependapat dengan Hasto, Rektor Unhan ” Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian”  meyakini Megawati memiliki peran dalam menyelesaikan berbagai konflik dan krisis multi dimensi. Adapun pada jurnal ilmiah yang ditulis oleh Megawati dijelaskan berbagai peristiwa penyelesaian beberapa konflik pada masa pemerintahannya. Berbagai upaya pembangunan kembali ekonomi Indonesia yang porak poranda dalam kurun waktu 1998 – 2001 juga turut dijelaskan dalam karya tulis ilmiah yang dimuat dalam Jurnal Pertahanan dan Bela Negara Vol 11, nomor 1 tulisan beliau.

foto: tangkap layar karya ilmiah Megawati Soekarno putri perihal krisis ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun pada masa pemerintahannya, di Jurnal Pertahanan dan Bela Negara Vol 11, nomor 1

foto: tangkap layar karya ilmiah Megawati Soekarno putri perihal masalah utama krisis multidemsional pada masa pemerintahannya, di Jurnal Pertahanan dan Bela Negara Vol 11, nomor 1

Jurnalis: Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate