Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Berebut Kursi Rektor UIN KHAS Jember, Delapan Profesor Bersaing Ketat

Kamis, 20 Juli 2023
foto: Profesor Saihan, Ketua Panitia Seleksi Bakal Calon Rektor

JEMBER, Exposeupdate.com Kamis, (20/07/2023). Delapan profesor dipastikan bakal bersaing untuk memperebutkan kursi Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember periode 2023-2027.

Kepastian ini diperoleh menyusul penetapan delapan bakal calon rektor setelah lolos di tahap verifikasi adminstrasi yang dilakukan oleh panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember.

Penetapan 8 Profesor Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember itu digelar di lantai 2 Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Selasa, (18/07/2023) lalu. Penetapan tersebut tertuang dalam Surat Penetapan Nomor: B-004/Un.22/PANSEL/07/2023 tentang Hasil Verifikasi Persyaratan Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember Periode 2023-2027.

“Setelah dua hari intens memeriksa kelengkapan administrasi bacarek, kali ini kami menyampaikan penetapan hasil verifikasi pencalonan Rektor UIN KHAS Jember,” terang Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember, Saihan.

Menurutnya, untuk lolos dari tahap verifikasi administrasi, bakal calon rektor harus memiliki SK jabatan fungsional guru besar dan SK fungsional pertama yaitu sebagai dosen.

“Kami sudah cek secara detail dan hari ini akan kami serahkan ke delapan nama calon yang sudah memenuhi syarat administratif kepada rektor,” jelas Saihan.

Ke-8 Profesor Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember itu adalah Miftah Arifin, Moch Chotib, Hepni, Muhammad Noor Harisudin, Ahidul Asror, Mukniah, M. Dahlan, dan M. Khusna Amal. Semuanya adalah putra-putri terbaik UIN KHAS Jember.

“Batas usia paling tinggi adalah 60 tahun saat berakhirnya masa jabatan rektor UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember pada 1 Oktober 2023 mendatang,” tambahnya.

Sekadar diketahui, hasil verifikasi dan penetapan bakal calon rektor itu akan diserahkan kepada Rektor UIN KHAS Jember. Selanjutnya berkas 8 guru besar itu diserahkan kepada senat untuk diberikan pertimbangan kualitatif tanggal 20 Juli-8 Agustus 2023.

Tugas panitia penjaringan Bakal Calon Rektor UIN KHAS Jember selanjutnya akan menyerahkan berkas para calon rektor kepada Menteri Agama pada bulan Agustus 2023 mendatang.

Informasi yang dihimpun media ini, Rektor terpilih nantinya akan menjabat secara definitif mulai bulan Oktober tahun ini bersamaan dengan berakhirnya masa jabatan rektor UIN KHAS Jember saat ini yang dijabat oleh Profesor Babun Suhartono. (Sul)

Baca Juga

Berita Terkait

error: Content is protected !!
ExposUpdate