Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Berkat Inovasi Pipa Lilit Tembaga, Produksi Minyak Ringan di PT. Pertamina EP Tambun Field Meningkat

Selasa, 20 Desember 2022
foto: Inovasi pipa lilit tembaga

BEKASI, Exposeupdate.com Selasa, (20/12/2022). Berkat adanya inovasi dari Tim PC Prove PILITEM (Pipa Lilit Tembaga), PT. Pertamina EP Tambun Field Regional 2 Zona 7, yang terletak di Kampung Wates, Desa Kedung Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, telah berhasil meningkatkan produksi minyak ringan (Condensate) sebesar 11030 BBLS dan ini setara dengan Nilai Rp. 16,5 Milyar pada periode bulan Februari 2022, sampai dengan bulan Desember 2022 (11 bulan).

Asman RAM, Field Tambun Riki Mayrudiansyah mengungkapkan, inovasi yang dilakukan adalah dengan cara melilit pipa feed gas condensate plant yang berdiameter 6 inch sepanjang 12 meter, menggunakan pipa tembaga berukuran setengah inch.

Setelah pipa feed gas dililit menggunakan pipa tembaga, selanjutnya pipa tembaga dialiri media therminol yang berasal dari pemanasan TOH dengan panas 120 deg C.

“Hal ini bertujuan untuk menaikkan temperature pada feed gas sebelum masuk ke Heat Exchanger (HE). Dengan inovasi PILITEM temperature feed gas yang sebelumnya hanya 34 deg C meningkat menjadi 67 deg C,” ujarnya.

foto: Inovasi dari Tim PC Prove PILITEM

Menurutnya, dengan meningkatnya temperature feed gas condensate Plant dapat dipastikan Delta temperature antara feed gas dengan media pendingin (unit chiller) semakin besar, sehingga rasio produksi condensate naik sebesar 29,77 bbls/MMSCFD atau 11030 bbls setara dengan 16,5 Milyar hanya dalam periode 11 bulan saja.

“Usaha-usaha yang PC PROVE PILITEM lakukan terhadap peningkatan produksi sejalan dengan tata nilai AKHLAK. Dan ini sesuai dengan arahan dari menteri BUMN Bapak Erick Thohir, yaitu : Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” terangnya. (Nr)

Baca Juga

Berita Terkait

error: Content is protected !!
ExposUpdate