Gibran Rakabuming Raka Ajak Walikota Se-Indonesia Keliling Kampung Wisata Batik Kauman

Sabtu, 15 Oktober 2022
foto: Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka

SURAKARTA, Exposeupdate.com Sabtu, (15/10/2022). Pelaksanaan Indo Smart City 2022, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka ajak Walikota peserta APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), didampingi Ketua Paguyuban Kampung Wisata Batik Kauman, Gunawan, untuk jalan-jalan dan belanja batik ke Kampung Wisata Batik Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, pada Kamis, (13/10/2022).

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengajak rombongan untuk sarapan dengan hidangan sop Solo. Seusai sarapan, Gibran mengajak para Wali Kota dan peserta berkeliling melihat-lihat toko batik, berbelanja batik, dan mencanting kain batik.

Wali Kota Surakarta mengatakan acara Mlampah-mlampah Kampung Batik Kauman bertujuan memperkenalkan salah satu kampung di Kota Solo yang dari awal sudah fokus memproduksi kain Batik.

foto: Walikota Surakarta ajak Walikota peserta APEKSI untuk berbelanja batik dan mencanting kain batik

“Saya mengajak teman-teman Wali Kota mengunjungi Kampung Batik Kauman supaya mereka lebih mengenal tentang batik. Saya berterima kasih karena antusiasme para Wali Kota sangat tinggi. Beberapa Wali Kota juga membeli jaket batik. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih” paparnya.

Gibran menyatakan bahwa motif batik yang tersedia di sini, berbeda dengan batik Solo lainnya. Motif batik kauman lebih menampilkan motif batik klasik berdasarkan pada pakem atau standar Keraton Kasunanan dengan menampilkan ciri khas dari warna yang gelap dan corak modern pada batiknya. (E01)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate