Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Inovasi Layanan Medis, RSD Balung Jember Kini Punya Layanan Rehab Medik

Senin, 28 Maret 2022
foto: dokter spesialis dan ahli terapi disiapkan untuk mendukung layanan andalan RSD Balung

JEMBER, Exposeupdate.com – Senin, (28/3/2022). Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung, terus melakukan inovasi dan peningkatan pelayanan medis untuk masyarakat Jember dan sekitarnya. Terbaru, RSD Balung saat ini membuka layanan Rehab Medik yang didukung tenaga dokter spesialis maupun para ahli terapi.

foto: Petugas Medis melayani pasien di ruang Rehab Meding RSD Balung

Menurut petugas medis pada ruangan Rehab Medik RSD Balung Ahmad Nurrohman, S.Ft, Fer., layanan Rehab Medik ini tingkat keinginan masyarakat sekitar untuk berobat sangat tinggi. Diperkirakan untuk pemeriksaan pada Rehab Medik di RSD Balung jumlah pasien baik pasien umum maupun BPJS, bisa mencapai puluhan tiap harinya. Sejumlah dokter spesialis dan ahli terapi yang telah disiapkan untuk mendukung layanan andalan RSD Balung tersebut, yakni dr. Natanael Sinulingga, Sp.KFR. yang merupakan dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Ajeng Intan Delasari, A.Md.Kes. merupakan perawat ahli terapi wicara, serta Qori’ah Irni Aulia, A.Md.Kes. yang merupakan fisioterapi, serta ke depan ada tambahan terapi untuk Ortotik Prostetik.

“Layanan Rehab Medik di RSD Balung ini merupakan terapi yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang mengalami masalah, misalnya syaraf terjepit, cedera, patah tulang maupun kelumpuhan akibat stroke,” terang Ahmad Nurrohman.

Pelayanan Rehab Medik ini juga meliputi pemeriksaan gangguan fisik dan fungsi yang diakibatkan penyakit cedera melalui paduan intervensi medik, keterapian fisik dan rehabilitatif untuk mencapai kemampuan fungsi tubuh yang optimal.

Sedangkan dr. Natanael Sinulingga, Sp.KFR menambahkan, selain tenaga dokter ahli, pihaknya juga menyiapkan peralatan medis pendukung yang cukup canggih antara lain, SWD (Short Wave Diathermy), MWD (Micro Wave Diathermy), USD (Ultra Sound Diathermy), TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation), IR (Infra Red), Laser serta traksi.

“Animo pasien cukup banyak dari wilayah Jember selatan dan barat. Layanan Rehab Medik ini akan terus kita sinergikan dengan poli yang lain, khususnya poli syaraf yang dalam waktu dekat akan melengkapi layanan medis di RSD Balung,” kata dr. Natanael Sinulingga, Sp.KFR.

Ia menambahkan, untuk menuju ke ruangan periksa Rehab Medik cukup mudah, yakni di area belakang sebelah timur Poli Mata dan Gedung Medical Center. Ruangan Rehab Medik merupakan ruangan baru, yang baru diperbaiki total dan dilengkapi dengan peralatan terbaru dan cukup canggih.

Sementara Direktur RSD Balung dr. Andre Kusuma, Sp.BS. menyampaikan, pihaknya berusaha keras agar rumah sakit yang banyak melayani masyarakat wilayah Jember selatan dan barat ini bisa mewujudkan inovasi layanan medis.

“Selain layanan Rehab Medik, kita juga terus berinovasi pada layanan lain seperti jemput gratis pasien, cuci darah atau hemodialisa, Bank Darah, Rumah Singgah bagi keluarga pasien, layanan pasien kelas presiden suite, instalasi gizi bagi pasien, perbaikan oksigen tersentral dan lainnya. Kita berharap RSD Balung bisa bermanfaat bagi masyarakat Jember,” kata Direktur RSD Balung dr Andre Kusuma Sp.BS. (Sul)

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate