Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Menaker RI dan Dubes Kerajaan Arab Saudi Lakukan Pertemuan Bahas Implementasi SPSK

Selasa, 11 April 2023
foto: Menaker RI dan Dubes Kerajaan Arab Saudi lakukan pertemuan

JAKARTA, Exposeupdate.com Selasa, (11/04/2023). Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan, kerja sama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah berlangsung sejak lama, khususnya kerja sama di bidang Ketenagakerjaan.

Ia mengemukakan, baik Indonesia maupun Arab Saudi telah memiliki perjanjian antar Menteri Ketenagakerjaan kedua Negara mengenai penempatan dan pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ditandatangani pada tahun 2014.

“Terkait penempatan dan pelindungan PMI di Arab Saudi, kedua Negara telah mengimplementasikan Sistem Penempatan Satu Kanal (SPSK), sehingga pendataan PMI di sektor domestik dapat terkelola dengan baik melalui sistem online,” kata Menaker Ida Fauziyah ketika menerima kunjungan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdulah H. Amodi, di Kantor Kemnaker RI, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Menaker menjelaskan, Pemerintah Indonesia saat ini sedang menjajaki kerja sama dengan Takamol for Business Services, yakni badan usaha milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang diamanahkan oleh Ministry of Human Resources and Social Development (MHRSD) dan Human Resources Development Fund (HRDF) untuk menyelenggarakan Skills Verification Program (SVP).

SVP yang di maksud adalah program untuk memverifikasi kompetensi calon pekerja terampil asing yang ingin bekerja di Arab Saudi, dengan cara peningkatan kualitas tenaga kerja profesional melalui uji kompetensi di Negara asal pekerja sesuai dengan standar dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

“Program ini rencananya akan diterapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di 8 Negara yakni Pakistan, India, Bangladesh, Sri Lanka, Filipina, Mesir, Indonesia, dan Thailand,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Menaker RI juga menyambut baik rencana pembukaan Kantor Atase Ketenagakerjaan pada Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Jakarta. Ia berharap Atase Ketenagakerjaan dapat bekerjasama dengan Kemnaker RI dalam mengawal implementasi program kerjasama yang disepakati oleh kedua Negara.

“Dengan adanya Atase Ketenagakerjaan Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, mampu memediasi komunikasi dan aspirasi Pemerintah Indonesia untuk mengembangkan kerja sama bidang Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Ida Fauziyah menginginkan, hubungan kerjasama antara Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi dapat semakin meningkat.

“Saya percaya, dengan dukungan Dubes Abdullah H. Amodi, kerjasama khususnya di bidang Ketenagakerjaan dapat memberikan manfaat bagi kedua Negara,” pungkasnya. (E01)

 

Baca Juga

Berita Terkait

error: Content is protected !!
ExposUpdate