Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Pemasangan U-ditch Di Jayabakti Diduga Asal Jadi, Pihak BPD Berkomentar

Jumat, 1 Desember 2023
foto: Anggota BPD Desa Jayabakti, Mawa Supena

BEKASI, Exposeupdate.com Jum’at, (01/12/2023). Kegiatan proyek pemasangan U-ditch yang dilaksanakan di wilayah Kp. Galian RT.009/009, Desa Jayabakti, Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi diduga asal jadi dan minimnya informasi. Pihak BPD Desa Jayabakti menyayangkan tidak adanya papan kegiatan dan tidak adanya komunikasi dengan pihak Desa Setempat.

Pasalnya pemasangan U-ditch yang tidak tertera papan kegiatan diduga kuat pekerjaan tersebut tidak transparan sesuai perjanjian kontrak.

Pantauan awak media yang datang kelokasi tidak menemukan papan kegiatan dan tidak ada pengawas maupun pelaksana pekerja.

Saat dikonfirmasi salah satu anggota BPD Desa Jayabakti Mawa Supena yang mendatangi lokasidirinya mengatakan,”Sampai saat ini kami pun baru melihat adanya pekerjaan dan punya siapa-siapanya saya aja belum tau dan sangat disayangkan kegiatan minimnya informasi. Di lapangan tidak ada papan kegiatan dan pengawas maupun konsultan,”.

foto: Proyek pemasangan U-ditch di Desa Jayabakti

Dari hasil pantauan awak media, pekerjaan pun diduga asal jadi pasalnya saat pemasangan U-ditch tersebut galian masih tergenang air.

Padahal jelas saat proses pemasangan U-ditch didahului dengan penggalian area kerja sesuai ukuran saluran yang diinginkan. Selanjutnya, dasar saluran harus kering dan diberi urugan pasir sebagai lantai dasar agar U-ditch berada pada posisi yang stabil.

Tujuan adanya pemasangan atau proyek U-ditch bertujuan untuk membantu saluran pengairan dengan menyalurkan air tanah dan menyerap air hujan agar tidak terdapat genangan di permukaan. Hal ini menjadi aspek yang penting terutama dalam proses konstruksi pengairan yang rawan mengundang banjir.

Hingga terbitnya berita ini, saat awak media mendatangi lokasi tidak terlihat pelaksana maupun konsultan. (Red)

Baca Juga

Berita Terkait

error: Content is protected !!
ExposUpdate