Pengawasan Ketenagakerjaan Dalam Pencegahan Dan Penanganan Penempatan Pekerja Migran Indonesia Secara Non Prosedural

Rabu, 12 April 2023
foto: Press Conference Kemnaker RI terkait PMI non prosedural

JAKARTA, Exposeupdate.com Rabu, (12/04/2023). Bertempat di Kementerian Ketenagakerjaan, Wamenaker RI, Afriansyah Noor didampingi oleh Direktur Pengawasan melakukan press conference terkait penanganan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia secara non prosedural.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Bandara, Imigrasi Bandara, Dinsos dan BAIS.

Dalam keterangannya, Wamenaker RI Afriansyah Noor menyampaikan bahwa terus berkordinasi dengan instansi terkait. Adapun pemberangkatan non prosedural tersebut menggunakan visa kunjungan, bukan visa kerja, mengingat sampai saat ini masih moratorium.

Menurut Wamenaker RI, dalam pelaksanaan pengawasan tersebut, pelaku TPPO selalu kucing-kucingan dengan petugas, dan mereka selalu mencari celah melalui Bandara Internasional.

Menjawab pertanyaan dari awak media, bahwa Negara kalah dalam pemberantasan pengiriman tenaga kerja non prosedural ini, Wamenaker RI membantah hal tersebut, namun saat ini Kementerian terus berbenah dalam rangka menangkal kegiatan pemberangkatan secara ilegal.

Wamenaker RI meminta kepada pihak media untuk terus membantu memantau kegiatan TPPO tersebut. (Ancha)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate