Presiden RI Lantik Laksamana Yudo Margono Sebagai Panglima TNI

Senin, 19 Desember 2022
foto: Presiden RI lantik Laksamana Yudo Margono

JAKARTA, Exposeupdate.com Senin, (19/12/2022). Laksamana Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo. Pelantikan bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, (19/12), menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang akan memasuki purna tugas pada tanggal 21 Desember 2022.

Pelantikan itu dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor: 91/TNI/Tahun 2022 tentang Pemberhentian, dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden (Sekmilpres) Laksamana Muda TNI Hersan. Dilanjutkan pengucapan sumpah dan janji oleh Laksamana Yudo dipimpin Presiden RI Joko Widodo.

Usai pengambilan sumpah jabatan, Pria asal Madiun itu menandatangani berita acara pelantikan Panglima TNI yang disaksikan Menkopolhukam RI Prof. Mahfud MD dan Menhan RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto. Selanjutnya, Presiden RI menyematkan tanda pangkat dan jabatan, serta menyerahkan tongkat komando kepada Laksamana Yudo.

foto: Sumpah jabatan Laksamana Yudo Margono

Laksamana Yudo yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 33 tahun 1988 menjadi calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo ke DPR melalui Surat Presiden (Surpres).

Laksamana Yudo Margono, mendapat persetujuan dari DPR RI untuk menjadi Panglima TNI melalui rapat paripurna Kamis, (01/12).

Laksaman Yudo Margono, berhasil memegang tongkat komando tertinggi TNI menyusul pendahulunya yakni Laksamana TNI ( Purn) Widodo Adi Sutjipto yang menjabat pada periode 1999-2002. Dan Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono pada tahun 2010 -2013. (E01)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate