Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Tekan Angka Kematian, RSD Balung Buka Layanan Bedah Saraf

Selasa, 17 Mei 2022
foto: Tim Dokter bedah saraf RSD Balung bersama pasien

JEMBER, Exposeupdate.com Selasa, (17/5/2022). Ada kabar baru bagi pasien yang membutuhkan operasi bedah saraf. Dalam upaya menekan angka kematian akibat terlambatnya penanganan medis terhadap pasien, saat ini Rumah Sakit Daerah (RSD) Balung Kabupaten Jember telah membuka layanan operasi bedah saraf.

Operasi perdana sudah dimulai sejak tanggal 15 Mei kemarin dan sudah dilakukan terhadap 3 pasien. Operasi ditangani oleh dokter bedah saraf yakni dr. Ahmad Kurniawan, Sp.BS., dan dokter Anestesi dr. Abi Masetyo Putro, Sp.An.,
Pelayanan meliputi kasus stroke perdarahan serta kasus cidera kepala.

Diketahui tuntutan pelayanan bedah saraf di Jember cukup tinggi, untuk itu RSD Balung siap memberikan pelayanan selama 24 jam.

“Saat ini pasien yang harus dilakukan operasi bedah saraf khususnya yang berasal dari Jember Selatan, mulai dari Kecamatan Jombang, Kencong, sampai Ambulu dan sekitarnya dapat lebih cepat mendapatkan pertolongan,” ungkap Ka. Humas PK RSD Balung Dr. Doddy R Sakti.

Penambahan pelayanan ini kata Dr. Doddy, merupakan inovasi dan pengejawantahan Misi dari Direktur RSD Balung, dr. Andre Kusuma ,Sp.BS.,

“Dengan dibukanya layanan ini maka RSD Balung harus menambah dokter spesialis. Yang semula hanya 1 dokter, saat ini sudah tersedia 2 dokter spesialis bedah saraf, termasuk dokter Anestesi,” tukas dr. Andre Kusuma,Sp.BS., membenarkan.

Rencana penambahan itu juga akan dilakukan pada poli bedah urologi untuk mengatasi infeksi saluran kencing maupun kencing batu. Dalam waktu tidak lama lagi akan hadir di RSD Balung. Setidaknya, berbagai tantangan layanan media 10 sampai 20 tahun kedepan harus segera dirancang mulai tahun ini.

Seperti tidak pernah kenal lelah dr. Andre Kusuma terus melakukan inovasi agar fungsi keberadaan RSD Balung sesuai dengan harapan masyarakat. Dan harapan itu kiranya tidak berlebihan. Karena tantangan kedepan pelayanan media akan semakin komplek. Dari itu, RSD harus mampu bersaing dengan Rumah Sakit swasta yang mampu menjadikan Rumah Sakit bertaraf Internasional terutama dalam standart pelayanannya.

Sangat patut kiranya jika Pemerintah Daerah memberikan apresiasi upaya peningkatan pelayanan dan rencana pengembangan pembangunan RSD Balung yang lebih representatif. Menjawab pertanyaan itu, Andre Kusuma sedikit mengurai Visi Misinya dalam upaya mengembangkan RSD yang ia pimpinnya. Sebagai badan layanan umum daerah (BLUD), maka kenyamanan dan kepuasan pasien harus terlayani. Untuk itu selalu dilakukan evaluasi rutin di setiap poli.

“Untuk itu, rencana Master Plan RSD Balung agar segera dirampungkan. Sehingga pijakan pengembangan, profesionalitas pelayanan kedepan menjadi jelas dan terukur,” urai dr. Andre Kusuma, Sp.BS., (sul)

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate