Tidak Dianggarkan Di APBD Tahun 2023, Bandara Notohadinegoro Jember Datangkan Pesawat Cessna

Sabtu, 24 Desember 2022
foto: Pesawat Cessna

JEMBER, Exposeupdate.com Jum’at, (24/12/2022). Setelah vakum kurang lebih 2 tahun Bandara Notohadinegoro Jember, kembali membuka rute penerbangan komersil pulang dan pergi (PP) Jember-Surabaya. Layanan penerbangan akan dimulai 02 Januari 2023 tahun depan.

Pesawat yang disiapkan dalam melayani transportasi udara itu berupa pesawat perintis tipe Brand New Cessna Grand Caravan EX USA, dengan kapasitas 12 penumpang.

Namun demikian, pengoperasian Bandara dengan landasan pacu sepanjang 1.600 meter itu menuai kontroversi. Terutama perihal biaya Carter pesawat milik PT. Amaya Alam Semesta itu karena pembiayaannya tidak pernah dilakukan pembahasan dalam sidang paripurna Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah hingga APBD untuk tahun anggaran 2023 disahkan bulan lalu.

Didapat informasi besaran anggaran untuk Carter atau jaminan operasional pesawat selama 3 bulan mencapai 1 milyar. Ada informasi yang menyebutkan dana Carter pesawat itu berasal dari deviden kas daerah yang di Bank Jatim cabang Jember
terkait dengan kesimpang siuran tentang kebenaran asal usul anggaran itu Kepala Cabang Bank Jatim.

foto: Bandara Notohadinegoro Jember

Wawan Budi Rachmanto saat dikonfirmasi oleh wartawan hanya memberikan jawaban singkat. Hubungannya dengan PT Amaya Alam Semesta hanya sebatas kontrak branding pesawat. Kadishub Kabupaten Jember, Agus Wijaya sampai saat ini belum berhasil di konfirmasi. Saat dihubungi via seluler bernama tersambung namun panggilan ditolak.

Namun demikian, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, S.T., IPU., optimis, kehadiran pesawat Cessna yang siap melayani penumpang umum secara domistik itu akan banyak diminati oleh para calon penumpang jasa angkutan udara.
Hal itu sangat beralasan mengingat jumlah penduduk Jember kurang lebih 2,7 juta jiwa itu berlatar belakang sosial yang berbeda-beda. Mulai dari kalangan Pegawai Negeri, pelaku usaha dan pelajar yang berasal dari luar kota. Pesawat dengan kapasitas 12 orang itu, dapat dipastikan dapat membantu percepatan dalam mencapai tujuan para penumpangnya.

Berkaitan dengan itu Bupati Hendy menghimbau kepada semua jajaran staffnya yang akan melakukan perjalanan dinas untuk menggunakan Pesawat yang konon akan menjual tiketnya dengan harga murah selaras dengan event promo penerbangan perdana komersial. Adapun jadwal penerbangan Jember-Surabaya pukul 06.00-06.30.WIB, Surabaya-Jember 06.45-07.15 WIB.

foto: Bandara Notohadinegoro Jember

“Alhamdulillah kami kembali membuka penerbangan dengan rute Jember-Surabaya-Jember, tentunya dengan adanya penerbangan ini menjadi semangat baru bagi Kabupaten Jember,” ujar Bupati Jember Hendy Siswanto usai menjajal pesawat perintis tersebut dari Surabaya ke Jember, Kamis sore 22 Desember 2022.

Dengan adanya transportasi perintis ini kata Hendy, perjalanan Jember-Surabaya-Jember semakin singkat. Sehingga para calon penumpang dengan berbagai latar belakang termasuk wisatawan domistik maupun manca negara tidak akan segan lagi untuk berkunjung ke Jember. (Sul)

Baca Juga

Berita Terkait

ExposUpdate