Badan POM menarik peredaran obat Lianhua Qingwen Capsules (LQC) dari Peredaran - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

Badan POM menarik peredaran obat Lianhua Qingwen Capsules (LQC) dari Peredaran

Sabtu, 29 Mei 2021

foto : Wiku Adisasmito, Jubir Satgas Covid – 19

JAKARTA, Exposeupdate.com – Badan POM menghentikan rekomendasi peredaran obat covid – 19 dari Tiongkok, Lianhua Qingwen Capsules (LQC) karena lebih besar resiko ketimbang manfaatnya.

Obat ini sempat memperoleh persetujuan BNPB atas rekomendasi Badan POM 2020 melalui sistem layanan perijinan tanggap darurat, namun setelah melalui kajian lebih lanjut, obat jenis ini diketahui mengandung bahan berbahaya yang bisa memicu jantung dan pembuluh darah serta sistem syaraf pusat.

Lebih lanjut disampaikan oleh Wiku Adisasmito, jubir satgas covid -19 mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi dan asfek resiko manfaat terhadap kedua produk tersebut, Badan POM memutuskan tidak lagi memberikan rekomendasi kedua produk donasi tsb melalui layanan perijinan tanggap darurat, dikarenakan keduanya memliki resiko lebih besar dibanding manfaatnya, Badan POM terus melakukan pengawasan produk di peredaran dan satgas sepenuhnya mendukung operasional nya di lapangan termasuk penarikan di berbagai daerah di Indonesia dan sosialisasi dengan tenaga kesehatan khususnya cara pemanfaatan obat tradisional dan edukasinya kepada masyarakat. HD01

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate