Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Manfaat Hebat Membaca Buku, Memperingati 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional

Senin, 17 Mei 2021

foto : Wildan

JAKARTA, Exposeupdate.com – Senin, (17/05/2021). Tanggal 17 Mei ditetapkan sebagai hari buku Nasional. Buku sebagai salah satu penunjang pengembangan literasi suatu bangsa memiliki berbagai manfaat bagi pembacanya. Berikut Tim Exposeupdate.com menyusun apa-apa saja manfaat dari membaca buku :

1. Mengurangi stres
Pada saat membaca imajinasi seseorang menjadi tertuju pada buku yang dia baca. Hal tersebut dapat menurunkan stres yang dirasakan pada pembaca hingga 68%. Efek mengurangi stres dari membaca ternyata lebih besar dari pada sekedar ngopi, atau jalan-jalan biasa.

2. Mengasah Empati
Membaca dapat membantu seseorang lebih peka dalam memahami emosional orang lain. Mengutip dari sebuah studi tahun 2013 di Harvard University yang menerangkan bahwa orang yang gemar membaca sastra fiksi lebih unggul dalam memahami emosi dan ekspresi wajah seseorang.

3. Melatih Otak
Membaca buku dapat menstimulus otak untuk berpikir sehingga otak menjadi aktif. Tidak hanya bermain teka-teki silang, membaca juga efektif untuk melatih otak. Tahun 2013 sebuah Jurnal Brain Connectivity melaporkan hasil sebuah studi bahwasanya orang yang suka membaca, utamanya buku fiksi akan mengalami peningkatan konektivitas di dalam otak.

4. Panjang Umur
Ada seorang peneliti dari University of Yale yang meneliti ribuan orang selama 12 tahun. Hasil penelitian yang dia lakukan menunjukkan hasil bahwasanya seseorang yang membaca buku selama 30 menit per hari, memiliki usia lebih panjang hampir dua tahun dari mereka yang membaca koran atau majalah. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate