Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

SERENTAK, PELAKSANAAN (KSN-K) 2-4 JUNI 2021 KAB. ACUT JENJANG SMA/MA

Kamis, 3 Juni 2021

sumber: Buku panduan resmi KSN 2021

ACEH UTARA-NAD, Exposeupdate.com – Kamis, (3/6/2021). Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 Jenjang SMA/MA tetap diadakan meskipun di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Seperti halnya tahun lalu, pelaksanaan KSN tahun 2021 tetap akan dilaksanakan secara daring (online). Puspresnas/Pusat Prestasi Nasional, Kementerian pendidikan dan kebudayaan RI membagi pelaksanaan KSN menjadi empat tahapan yang dilaksanakan secara serentak meliputi:

  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah/ (KSN-S) yang diadakan: 8-10 Maret 2021
  2. Tahapan seleksi tingkat kab/kota/ (KSN-K) yang diadakan: 2-4 Juni 2021
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi/ (KSN-P) yang akan diadakan: 2-7 Agustus 2021
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional/ (KSN) pada 6- 11 September mendatang.

Dilansir dari Buku Resmi Pedoman Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021, hari ini diadakan Seleksi Tingkat Kab/Kota (KSN-K) yaitu mulai 2-4 Juni 2021. Adapun salah satu Kabupaten di Indonesia yaitu Kab. Acut/Aceh Utara hari mengadakan seleksi KSN-K yang dilaksanakan di beberapa sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana seleksi tingkat Kabupaten. Merujuk pada surat dari Puspernas bahwa satuan Pendidikan yang siswanya mengikuti KSNK-K wajib melakukan registrasi peserta yang telah dilaksanakan pada 22 s.d 28 April 2021.

sumber: WA Group ASN Aceh Utara

Pelaksanaan KSN-K Kabupaten Aceh Utara berdasar pada “Surat Pedoman Pelaksanaan dan Pelaporan KSN-K Aceh Utara 2021” yang wajib dipelajari oleh Panitia, Pengawas, dan juga Siswa SMA/MA Kabupaten Aceh Utara.

sumber: kiriman panitia KSN-K Acut

Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan KSN-K 2021, SMA Negeri 1 Nisam melaporkan secara khusus kepada exposeupdate perihal seleksi yang diadakan pada Kamis, 3 Juni 2021 pukul 11.30 WIB setelah hari pertama pelaksanaan KSN-K Acut usai.

  

foto by Dyah: SMA Negeri 1 Nisam, salah satu penyelenggara KSN-K Acut

foto by Dyah: Dr. Nurmaida, M.Pd. Panitia KSN-K

” Saya selaku panitia kegiatan KSN-K Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh. Pada hari ini Kamis tanggal 3 Juni 2021 sekolah kami mengadakan KSN-K yaitu Kompetisi Sains Komputer yang diikuti oleh 10 siswa. Sekolah kami ditunjuk sebagai salah satu pelaksana kegiatan KSN-K. Walaupun dalam kondisi covid-19 yang masih kita rasakan sampai saat ini, namun kami mengambil kebijakan berdasarkan petunjuk pemerintah daerah dan pusat untuk melakukan protokol kesehatan yaitu 5M. Dengan demikian pelaksanaan KSN-K tetap kami laksanakan”. “Ujar Dr. Nurmaida, M.Pd. selaku panitia KSN-K yang juga merangkap sebagai Wakepsek bidang kesiswaan.

https://youtu.be/IzmTIShmnf0

Youtube, Expose Update

sumber: tangkap layar buku panduan resmi KSN 2021

” KSN-K merupakan salah satu Uji Kompetensi Sains bagi tingkat SD, SMP, dan SMA. KSN-K merupakan salah satu ajang untuk mengukur kompetensi siswa bidang sains yang dilakukan secara berjenjang dan sistematis. KSN-K bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa untuk mempunyai daya saing dengan dunia luar dan dengan sesamanya. KSN-K tahun ini dilakukan selama 2 hari yakni pada hari ini tanggal 3 Juni 2021, dan besok 4 Juni 2021″, tambahnya.

” Pada saat ini di sekolah kami diikuti oleh sebanyak 10 siswa yang terdiri dari 2 orang untuk mata uji matematika, 2 orang untuk mata uji fisika, 2 orang untuk mata uji kimia, 2 orang untuk mata uji biologi, dan 2 orang untuk mata uji informatika”, jelasnya.

“Dan untuk esok hari, kami juga masih melaksanakan kegiatan serupa yang akan diikuti oleh 8 siswa kami, yaitu 2 orang untuk mata uji geografi, 2 orang untuk mata uji kebumian, 2 orang untuk mata uji astronomi, dan 2 orang untuk mata uji ekonomi. Terima kasih, video ini kami persembahkan untuk expose update Jakarta”, beliau mengakhiri.

sumber: tangkap layar buku panduan resmi KSN 2021

Jurnalis : Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate