Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Nuansa Luar Biasa di Alas Purwo Banyuwangi, Hutan Tertua di pulau Jawa

Sabtu, 24 Juli 2021

foto : by Muhammad Wildan Habibillah

BANYUWANGI, Exposeupdate.com – Sabtu, (24/7/2021). Alas Purwo adalah salah satu hutan tertua di Indonesia. Alas Purwo ini juga adalah Hutan Tertua di pulau Jawa. Hutan yang berada di ujung timur pulau Jawa ini memiliki kealamian dan keasrian yang tetap terjaga hingga kini. Hutan ini juga menyimpan banyak misteri.

Hutan yang terluas di Pulau Jawa ini terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan kecamatan Purwoharjo – Kabupaten Banyuwangi. Anek jenis flora dan fauna di Indonesia ada dalam hutan yang luas ini. Hutan yang memiliki luas kurang lebih 43.420 hektar.

Bulan April ketika penulis mengunjungi Alas Purwo. Nuansa magis dan mistis masih terasa. Ada aroma dupa di beberapa situs di Alas Purwo. Terkesan bernuansa spiritual di dalamnya. Beberapaa Masyarakat sekitar menganggap bahwa hutan Alas Purwo ini keramat dan angker. Nuansa seperti ini yang menimbulkan sensasi yang unik ketika berwisata di Alas Purwo. Kegiatan seperti semedi bukanlah hal yang mengagetkan jika ditemui.

foto : by Muhammad Wildan Habibillah

Hutan yang rimbun masih terjaga kerapatannya. Hutannya terasa sunyi sehingga memberikan kesan damai dan ketenangan. Cocok bagi seseorang yang berwisata sekaligus menenangkan diri. Juga bisa juga untuk edukasi dengan napak tilas sejarah terkait situs-situs yang ada di alas Purwo.

Ada berbagai spot menarik di Alas Purwo. Seperti Gua, Pura Giri Salaka, Savana, Pantai Pancur, Pantai Ngagelan, Pantai Plekung dan Pantai Parang Ireng yang indah dan berbagai tempat menarik lainnya.

Hal yang sangat disayangkan ialah situs Gua di tutup selama Pandemi covid-19 ini. Hal ini membuat wisatawan tidak bisa ke situs Gua. Padahal ada salah satu Gua terkenal di Alas Purwo yakni Gua Istana. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ExposUpdate