Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Pembatasan Desa Wisata Doulu, Wisatawan Terdampar, Akses Jalan Dibakar

Minggu, 20 Juni 2021

foto: Polisi memadamkan api dari hasil pembakaran kayu oleh warga setempat yang kurang berkenan atas penutupan sementara akses wisata desa Doulu, by Dyah

DOULU-BERASTAGI-SUMUT, Exposeupdate.comMinggu, (20/6/2021). Akhir pekan, utamanya di hari minggu jumlah wisatawan di desa wisata Doulu, Berastagi, Sumatera Utara selalu meningkat. Minggu, 20 Juni 2021 pukul 10.15 WIB Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bekerja sama dengan Polsek Berastagi melakukan pembatasan tamu yang akan berwisata ke sejumlah pemandian air panas alam di kaki gunung Sibayak.

Pembatasan tamu yang berujung penutupan sementara lokasi wisata di desa Doulu menindaklanjui Instruksi Menteri Dalam negeri Nomor 11 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro, dan sekaligus sebagai upaya pencegahan lonjakan kasus baru Covid-19. Penutupan sementara akses wisata desa Doulu dimulai pada pagi ini, Minggu, (20/6/2021).

Penduduk setempat dan pihak kepolisian sempat melakukan negosisasi perihal pembatasan akses wisata desa doulu, namun demi keamanan bersama akses wisata menuju desa Doulu tetap ditutup. “Mohon pak, pembukaan wisata ini demi kesejahteraan bersama”, ujar salah satu penduduk lokal pada aparat kepolisian. “Mohon maaf pak, tidak bisa. Syalom”, tutup salah satu anggota kepolisian dari Polsek Berastagi.

Warga yang memprotes tindakan aparat kepolisian, lantas membakar kayu dan beberapa botol air mineral di tengah akses jalan pintu masuk gerbang desa wisata Doulu. Selanjutnya, warga menggelar tikar dan bersama – sama duduk di tengah jalan sebagai salah satu bentuk ketidakpuasan. Namun, aksi damai warga ini tidak melibatkan konflik apapun baik antara pihak kepolisian dan warga setempat.

Negosiasi warga dan pihak kepolisian yang berujung pada pembatasan akses jalan masuk wisata Doulu menyebabkan para wisatawan terdampar di pinggir jalan. Beberapa warga asal Tapanuli Selatan merasa kecewa karena tidak dapat berwisata di pemandian alam gunung sibayak, Hanya saja, demi keamanan bersama wisatawan mengalah, namun akses masuk desa wisata doulu tetap diblokade oleh pihak kepolisian. Hingga berita ini ditulis, wisatawan masih terparkir di depan pos penjagaan polisi lokasi pemandian air panas Sibayak.

https://youtu.be/VCHdQgg-gbs

Video : Channel Youtube Expose Update

Jurnalis : Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate