Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Potensi Pengembangan Wisata, Prasasti Batu Gong Situs Peninggalan Sejarah Penting di Rambipuji – Jember

Sabtu, 3 Juli 2021

foto : by Muhammad Wildan Habibillah

JAKARTA, Exposeupdate.com – Sabtu, (3/7/2021). Batu Gong adalah salah satu peninggalan sejarah Nusantara yang ada di Jember. Tepatnya berlokasi di Rambipuji Jember. Situs ini merupakan salah satu situs peninggalan bersejarah yang Tua dari zaman kerajaan.

Prasasti Batu Gong berbentuk hampir persegi empat dan ada semacam tonjolan berbentuk bulat di bagian atas. Pada salah satu sisi batu terdapat tulisan aksara Pallawa dengan bahasa sansekerta. Salah seorang peneliti bernama W.F. Stutterheim menerangkam dalam salah satu artikelnya yang berjudul “Oudeidkundige Aantekeningen”, BKI 95 bahwa tulisan aksara tersebut ada yang berbunyi “Parvteswara”. Parvteswara artinya Dewa Gunung dan dari sini diperkirakan tulisan tersebut dari abad ke 7 dan 8 Masehi.

foto : by Muhammad Wildan Habibillah

W.F. Stuterheim lebih lanjut juga mengasumsikan bahwa Batu Gong adalah salah satu peninggalan tertua dari Jawa Timur. Ini menjadikan Batu Gong menjadi salah satu peninggalan sejarah penting untuk di jaga dan dilestarikan. Menjaga dan memelihara situs adalah bentuk menghargai sejarah.

Hal yang perlu dilakukan untuk mengembangkan peninggalan sejarah ini dapat dipelajari banyak warga ialah dengan pengelolaan yang berkelanjutan. Selama Pandemi Covid 19 situs ini sepi pengunjung. Perlu semacam upaya dan strategi tertentu dari pihak pengelola untuk menarik lagi minat pengunjung untuk berkunjung lagi dengan tetap menjaga protokol kesehatan di era normal baru. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan Habibillah

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate