Penjaga Keselarasan, Pembatas Keadilan dan Pembongkar Kezaliman

Update naik pesawat Pasca PPKM Mikro, Bandara Juanda Surabaya kembali Padat meski Aturan Ketat

Jumat, 18 Juni 2021

foto : Ruang Tunggu Dipadati Penumpang, by Dyah

SURABAYA, Exposeupdate.com – Jum’at, (18/6/2021). Seiring berakhirnya PPKM Mikro 1-14 Juni 2021 animo masyarakat naik pesawat kembali meningkat. Sesuai Surat Edaran no 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Dalam Masa Pandemi Covid-19”, penumpang wajib memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer. Selain itu, masa berlaku hasil negatif PCR 3×24 jam, rapid test antigen 2×24 jam, dan pengambilan sampel GeNose berlaku 1×24 jam sebelum keberangkatan. Aturan ini masih berlaku bagi para penumpang pesawat pasca PPKM Mikro.

foto : Pemeriksaan Surat Bebas Covid-19, by Dyah

Pasca libur lebaran, terlebih Pasca PPKM Mikro jumlah penumpang per hari di Bandara Juanda Surabaya berkisar 26.344 penumpang. Terlihat di pintu keberangkatan Juanda yg kini terpusat di Terminal 2 selama masa pandemi, petugas melaksanakan sistem baru yaitu pemanggilan penumpang 2 jam sebelum keberangkatan. Bagi para penumpang yang telah tiba sebelum itu, tidak diperkenankan masuk ke dalam bandara juanda. Petugas di lapangan akan mempersilahkan penumpang untuk menunggu di luar terminal keberangkatan, di lobby atau tenant yang ada.

foto : Pintu Masuk Keberangkatan, by Dyah

foto : Gate Keberangkatan Yang Akan Kembali Penuh Setelah Calon Penumpang Dipanggil, by Dyah

https://youtu.be/55qUpLozwps

Video : Channel Youtube Expose Update

Sebelum masuk ke counter check in, sebelumnya penumpang diwajibkan melapor pada petugas kesehatan (counter E-Hac) untuk menunjukkan surat bebas covid-19(Genose, antigen, ataupun PCR). Bagi penumpang yang kedapatan memiliki hasil negatif namun menunjukkan gejala covid seperti batuk  demam, sesak nafas atau lainnya akan tetap dilakukan pemeriksaan khusus sebelum melanjutkan perjalanan. Meski penumpang yang boleh masuk hanya mereka yang telah memenuhi persyaratan baik dari segi kesehatan dan waktu keberangkatan 2 jam sebelum boarding, namun nampak di ruang tunggu tetap dipadati penumpang. Calon penumpang tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak  dan memakai masker serta duduk di kursi yang telah disediakan, dan mengosongi kursi bertanda silang.

foto : Tiket Keberngkatan, by Dyah

Jurnalis: Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
ExposUpdate