WISATA AMAN: JEMBER MINI ZOO PASTIKAN TERAPKAN PROKES - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

WISATA AMAN: JEMBER MINI ZOO PASTIKAN TERAPKAN PROKES

Senin, 31 Mei 2021

foto : by Dyah Ayu S

JEMBER, Exposeupdate.com – Senin, (30/5/2021). Pembukaan dan penutupan lokasi wisata di suatu daerah adalah kewenangan dari Pemerintah daerah setempat. Salah satu wisata terbaru kabupaten Jember yaitu Jember Mini Zoo dibuka H+2 Lebaran melalui Soft Opening. Wisata yang bertempat di Jl. Brawijaya, Komplek RedjoAgung, Mangli, Kaliwates, Jember ini beroperasi di Kabupaten yang masuk wilayah Zona Orange Covid-19.

https://youtu.be/pIwv_9FGeak

Terpantau lokasi parkir kendaraan baik roda empat maupun roda dua mulai padat terlebih disaat weekend. Pengunjung yang membawa kendaraan roda empat terlihat mengantre untuk membayar karcis parkir sebesar 3000 rupiah untuk roda empat. Pembayaran karcis parkir terlihat dilakukan dengan cara manual, pembayaran cash kepada petugas penjaga Jember Mini Zoo.

foto by Dyah: Pukul 09.15 WIB lokasi tempat parkir mulai padat

foto by Dyah: Antrean kendaraan roda empat memasuki lokasi parkir

Sejauh mata memandang, setiap antrean baik pada saat pengecekan suhu, ataupun loket tiket masuk, pengunjung memperhatikan jarak sosiall. Untuk diketahui harga tiket masuk 20.000 rupiah bagi orang dewasa, dan gratis untuk anak tinggi dibawah 80cm.

foto by Dyah: Antrean pengecekan suhu dengan menjaga jarak

“Saya yakin kami sudah mematuhi protokol kesehatan, walaupun pada puncak pengunjung seperti hari libur pengunjung sampai 1000 orang bahkan lebih. Sebelumnya kita sudah mengarahkan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, pakai handsanitizer, dan mengecek suhu di pintu kedatangan,” Ujar Yudi selaku petugas Jember Mini Zoo.

foto by Dyah: Pengunjung mencuci tangan (patuh 5m)

foto by Dyah: Yudi (Petugas Pintu Masuk Jember Mini Zoo)

Jember Mini Zoo menawarkan wisata fauna dalam lingkup kecil di tanah seluas kurang lebih 3 hektar. Dibuka setiap hari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Salah satu wisatawan dari kota Gresik mengaku tertarik untuk mengunjungi Jember Mini Zoo berdasarkan informasi menarik yang didapat dari Instagram. “Karena tempatnya luas, jadi kami bisa tetap menjaga jarak antar satu sama lain”, Ujar pengunjung yang dimintai keterangan sembari tengah asik ber-swa foto bersama temannya.

foto by Dyah: Pengunjung dari kota Gresik, Jawa Timur

Pada bagian “Taman Kelinci”, terlihat pengunjung lebih antusias untuk memasuki area yang dibandrol harga tambahan 5000 rupiah untuk masuk. Pengunjung akan mendapat tiket memberi makan kelinci yang menjadikan lokasi ini menarik untuk di  eksplor utamanya bagi anak – anak. Terdapat papan informasi ” cara menggendong kelinci dengan benar”. Petugas Jember Mini Zoo selalu mengarahkan pengunjung untuk tetap memakai masker walau sedang asik bermain bersama kelinci.

foto by Dyah: Anak bermain di Taman Kelinci

Menyikapi wisata berkonsep “family care” di Jember ini, perlu adanya konsistensi pengarahan yang jelas kepada pengunjung yang datang ke Jember Mini Zoo untuk patuh terhadap protokol kesehatan terlebih saat dalam masa lonjakan pengunjung seperti weekend dan musim libur lainnya, serta selalu aktif untuk berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat, apabila ditemukan baik pengunjung ataupun petugas Jember Mini Zoo yang menunjukkan gejala Covid-19.

Jurnalis Expose Update, Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate