Wisata Keluarga Pemandian Air Panas Belerang, di Sepanjang Kaki Gunung Sibayak, Hanya Rp 15 Ribu! - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

Wisata Keluarga Pemandian Air Panas Belerang, di Sepanjang Kaki Gunung Sibayak, Hanya Rp 15 Ribu!

Senin, 28 Juni 2021

foto: Lembah Sibayak, lokasi wisata pemandian air panas alam mengandung belerang, by Dyah

SIDEBUK -DEBUK, SUMUT , Exposeupdate.com Senin, 28 Juni 2021. Objek wisata pemandian air panas di kawasan kaki gunung Sibayak menawarkan panorama lembah gunung Sibayak yang memukau. Gunung Sibayak yang menjadi spot favorit para mountain climber tidak hanya menawarkan sensasi menaklukkan puncak semata, namun juga mengandung unsur sulfur/belerang yang dimanfaatkan warga lokal untuk kolam pemandian air panas. Jika cuaca cerah, lewat beberapa pemandian di sepanjang kaki gunung sibayak akan nampak jelas para pendaki gunung yang berjalan menuju puncak Sibayak. Beberapa pemandian bernuansa pedesaan, dan cocok untuk wisata keluarga ini memanjakan pelancong untuk berendam air panas alami langsung dari sumber gunung sibayak yang kaya akan belerang.

Suhu di desa Sidebuk – debuk berkisar 15 hingga 18 derajat celcius tergolong dingin, menjadi pendorong bagi pelancong untuk menghangatkan diri dengan berendam di kolam air panas. Merayu climber yang lelah seusai menuruni gunung sibayak selama 3 jam berjalan kaki untuk melepas lelah dan penatnya. Manfaat sulfur yang dipercaya bagus untuk kesehatan kulit menjadi pelengkap daya tarik pelancong mencoba wisata ini.

foto: Sibayak N’Cole, by Dyah

Terdapat puluhan tempat pemandian air panas yang buka “setiap hari” selama 24 jam, sejak tahun 1990/1998-sekarang. Beberapa kolam pemandian yang terbesar seperti kolam pariban, kolam pemandian alam sibayak, sibayak N’Cole, dan kolam – kolam kecil lain seperti pemandian pondok, pemandian anugrah, pemandian tamora sibayak yang tak kalah menarik dapat menjadi referensi pilihan wisata bersama keluarga.

Untuk masuk kawasan wisata ini, pelancong dikenai biaya distribusi binaan bumdes senilai Rp 5000 per-orang, serta biaya masuk kolam pemandian Rp 10.000, jika memasuki hari libur biasanya karcis masuk naik menjadi Rp 15.000 per-orang.

Pengelola setiap kolam pemandian air panas menyediakan beberapa fasilitas lengkap yang dapat dinikmati pelancong seperti, penginapan, restoran, kantin kecil, saung khas daerah berastagi, waterboom, serta pusat kuliner dan oleh – oleh khas lokal seperti pasar buah, aksesoris serta kaos khas berastagi. Uniknya, pada kolam pemandian air panas dari gunung sibayak ini tersedia kolam pemandian dengan kadar panas yang bertingkat, dari mulai dingin (tanpa campuran sulfur dari gunung), tidak terlalu panas, hingga panas.

https://youtu.be/hSuP7YPDjb0

Video : Channel Youtube Expose Update

Jurnalis : Dyah Ayu Safitri

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate