Wisata Sekaligus Belajar Kopi dan Kakao Kelas Dunia di Jember - Expose Update
Penjaga keselarasan Pembatas keadilan Pembongkar kezaliman

Wisata Sekaligus Belajar Kopi dan Kakao Kelas Dunia di Jember

Kamis, 20 Mei 2021

foto : PUSLITKOKA di Jember, Wildan

JEMBER, Exposeupdate.com Kamis, (20/5/2021). Berbicara tentang potensi yang dimiliki mungkin tidak akan ada habisnya. Masyarakat yang peka dan mengamati dengan seksama akan melihat potensi-potensi Jember dengan utuh. Salah satunya Jember memiliki pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang juga memiliki fasilitas wisata edukasi.

 foto : Wildan, Jurnalis ExposeUpdate 

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PUSLITKOKA) ini didirikan sejak tahun 1911. Berlokasi di Nogosari – Kecamatan Rambipuji – Kabupaten Jember. Berjarak 20 km dari pusat kota Jember. Terdapat banyak bibit dan tanaman Kopi dan Kakao kelas Dunia. Tidak mengagetkan karena PUSLITKOKA juga menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan besar dunia seperti Nestle Internasional, Mondelez Internasional dan lainnya.

foto : by wildan, exposeupdate.com

Wisatawan dapat mengamati banyak spot penting di dalam PUSLITKOKA. Ada kebun Kopi dan Kakao unggulan yang rindang,ada peternakan rusa, edukasi terkait kopi dan kakao, menaiki kereta kayu dan beberapa spot lain. Cocok untuk menikmati waktu bersantai sambil belajar bersama keluarga di beberapa spot indah dan menarik di dalam Kebun

foto : by wildan, exposeupdate.com

Ada beberapa wahana unggulan di PUSLITKOKA.Wisatawan salah satunya bisa menaiki wisata naik kereta kayu dengan tarif Rp.10.000 saja. Menaiki kereta kayu ini Wisatawan akan diajak berkeliling kebun, sambil mengamati dan melihat-lihat kebun Kopi dan Kakao.

Wisatawan juga bisa membeli dan menikmati kopi dan kakao unggulan kelas dunia di beberapa Outlet yang menjual Kopi dan Kakao yang sudah jadi dalam bentuk kemasan. Berwisata ke PUSLITKOKA ini akan membuat wisatawan lebih banyak belajar tentang kopi dan Kakao. Memahami lebih dekat potensi Kopi dan Kakao yang ada di Indonesia yang ternyata mendunia. (Wil)

Jurnalis : Muhammad Wildan

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ExposUpdate